Keling Kumang Agrowisata di Kaki Bukit Kelam

Keling Kumang, Agrowisata, Bukit Kelam, Monolit, Sintang
Jalan santai. Sembari menikmati Keling Kumang Agro dan pesona nuansa alam monolit Bukit Kelam, Sintang.

Keling Kumang Agrowisata is open today from 09.00 - 18.00 WIB.

Demikian sebuah iklan di suatu beranda Fb. Tak syak lagi. Borneo, khususnya Sintang dan sekitarnya dengan kontur tanah dan pesona alamnya menjadi tambang emas bidang wisata ke depannya. Khususnya agro dan ekowisata. Dengan catatan, bisa dikelola berbasiskan ekonomi kreatif, dipadukan dengan warna lokal.

Gerakan Credit Union Keling Kumang (GCUKK) bisa mengelolanya. Lihatlah! Cucuklah tangan pada lambung bukit unik. Jika di Kalimantan, bisa dipastikan satu-satunya monolit (monos lithos) yakni gunung tunggal yang besar. Syahdan itu ekor metor yang jatuh dari angkasa jutaan tahun silam.

Itulah pesona alam Bukit Kelam, Sintang. Menjadi destinasi ekowisata andalan. Orang Pontianak, Sanggau, Landak, dan Sekadau bahkan dari luar bandar suka berdarma wisata ke tempat ini. Bahkan ziarek (ziarah rohani) pun kerap dilakukan. Sebab di kaki gunung monolit itu, tersedia wisata rohani pula.

Nah, GCUKK punya sehamparan kawasan Agrowisata di tempat itu. Dari kata ager, pertanian, pertanahan. Sedangkan wisata, ya wisata. Keling Kumang yang kini punya Yayasan Pendidikan, punya juga SMK dan Institut Teknologi. Nah, di atas tanah 4 hektar di kaki bukit Kelam itu, mereka membangun kawasan wisata perkebunan.

Ke sanalah! Anda akan merasa sensasi yang berbeda. Pemandangan alam khas Kalimantan. Dekat dengan kuliner khas lokal. Dan, paling potensi, masih satu kawasan dengan rumah panjang suku Dayak Ibanik,  salah satu dari rumah panyai (betang) yang semakin langka di Kalimantan. Namanya: rumah panjang Ensaid.

Saksikan nuansa alam di bumi. Sejengkal tanah yang jatuh dari Taman Eden!

Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) yang kampusnya di Sekadau -- beberapa puluh kilometer dari lokasi ini dapat menjadikan Keling Kumang Agrowisata sebagai laboratorium hidup.

Kawasan Agrowisata Keling Kumang ini milik GCUKK yang telah melakukan spin off. Kini punya berbagai entitas usaha, antara lain ya inilah dia. Bukan hanya Credit Union, hotel, dan koperasi, Gerakan CU Keling Kumang juga memiliki Yayasan Pendidikan yang mengelola SMK dan Institut Teknologi, yakni Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) yang kampusnya di Sekadau -- beberapa puluh kilometer dari lokasi ini.

Salah satu Program Studi ITKK adalah Agroekoteknologi.

Pada saat ini,  berkembang pesat bisnis di bidang komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan kehutanan.

Lulusan Prodi Agroteknologi dapat menjadi/ bekerja:

1.      Menjadi Pengusaha atau pelaku bissni pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dll.

2.      Mengelola Perkebunan-perkebunan baik milik pribadi, pemerintah, maupun swasta. Bekerja di Industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional.

3.      Menjadi pegawai di Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembagan/Litbang), Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan dinas-dinas teknisnya.

 Visi ke depan, ITKK akan membuka Program Studi Pariwisata. "Telah ada dalam roadmap kita. Tunggu saja tanggal mainnya," papar Dr. Drs. Masiun, Rektor ITKK. Baca https://www.sekadaunews.com/2023/04/institut-teknologi-keling-kumang.html

Pariwisata kita mafhum bersama termasuk ekonomi kreatif yang sangat menjanjikan di masa depan. Sayangnya, sektor ini belum dieskplorasi secara menyeluruh, antara lain melalui kajian/ studi yang komprehensif dari hulu hingga ke hilir. Padahal, pariwisata terutama di wilayah Kalimantan Barat berpotensi untukdigali dan dikembangkan. Tujuan wisata, termasuk ekowisata dan kekakayaan seni budaya Kalimantan Barat belum secara maksimal dikembangkan dan dikemas menajadi destinasi wisata yang utama; padahal potensinya luar biasa.

Kehadiran Prodi ini sangat sesuai dengan situasi kondisi masyarakat Kalimantan Barat saat ini di mana sektor pertanian menjadi andalan. Atas dasar  pertimbangan itulah Prodi Pariwisata dipilih sebagai salah satu program studi yang diusulkan. Adapun lulusannya akan bekerja di sektor-sektor sebagai berikut.

1.      Guide/pemandu wisata

2.      Pengusaha di bidang industri pariwisata

3.      Menjadi director/ pengarah di bidang atraksi wisata

4.      Sosial Ekonomi Pertanian

Sarana prasarana, termasuk laboratorium hidup, telah tersedia. Salah satu lab hidup Program Studi Agroekoteknologi itu: Keling Kumang Agrowisata Bukit Kelam, Sintang ini. *)

LihatTutupKomentar
Cancel