Lawang Kuwari

Lawang Kuwari, Sekadau, Aron, air mancur, pasar, terminal


Monumen Lawang Kuwari di Pasar Sekadau. Dok. penulisnya.

Pada era kepemimpinan Aron S.H. sebagai Bupati Sekadau.Terlihat jelas adanya dorongan dan identifikasi kuat terhadap Lawang Kuwari sebagai simbol dan elemen penting dalam pengembangan Kabupaten Sekadau. 

Segala hal yang berkaitan dengan Lawang Kuwari menjadi pusat perhatian.

Lawang Kuwari jadi pusat perhatian

Di bawah kepemimpinan Aron S.H., Lawang Kuwari menjadi pusat identitas yang sangat kuat untuk Kabupaten Sekadau. Ini tercermin dalam berbagai elemen, sepertii:

  1. Air Mancur di pertigaan depan gereja kota Sekadau yang dinamai Lawang Kuwari.
  2. Pasar Lawang Kuwari: Pasar di Kabupaten Sekadau juga mengambil nama Lawang Kuwari. Hal ini menunjukkan komitmen untuk mempromosikan dan mengenalkan Lawang Kuwari sebagai bagian penting dari identitas kota dan kabupaten.
  3. Terminal Lawang Kuwari: Terminal, yang merupakan pusat transportasi penting, juga dinamai Lawang Kuwari, memberikan penghormatan kepada situs sejarah ini dan mengintegrasikan warisan budaya ke dalam infrastruktur modern.
  4. Bundaran Kota Sekadau (Lawang Kuwari): Bahkan bundaran kota Sekadau, yang berlokasi tepi sungai Kapuas, dinamai Lawang Kuwari. Ini menciptakan hubungan kuat antara lokasi tersebut dengan sejarah dan warisan kota.

Semua langkah-langkah ini menunjukkan komitmen untuk memelihara dan menghormati sejarah serta budaya Lawang Kuwari, dan mengintegrasikannya dalam pengembangan modern Kabupaten Sekadau.

Lawang Kuwari adalah ikon. Salah satu aset berharga Kabupaten Sekadau yang memiliki potensi besar dalam mendukung pariwisata, ekonomi, dan pelestarian budaya daerah.

Lawang Kuwari merupakan salah satu objek wisata sejarah di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Nama "Lawang Kuwari" berasal dari bahasa setempat yang menggambarkan arti historis dan keindahan tempat ini. 

"Lawang" dalam bahasa setempat dapat diartikan sebagai pintu atau gerbang, sementara "Kuwari" merujuk pada sejenis pohon yang tumbuh subur di sekitar muara sungai Sekadau di masa lalu. 

Pohon "Kuwari" adalah jenis pohon yang kuat dan digunakan untuk membuat alat musik tradisional Dayak, yakni sape. Sehingga, nama "Lawang Kuwari" secara harfiah dapat diartikan sebagai "Pintu/Pintu Gerbang Pohon Kuwari."

Bagaimana sejarah Lawang Kuwari

Lawang Kuwari memiliki sejarah yang kaya. Dalam sejarahnya, tempat ini digunakan oleh Pangeran Agong dari Kerajaan Sekadau sebagai tempat persembunyian dan pertapaan. 

Pangeran Agong adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah kerajaan Sekadau. Dia meninggalkan ibu kota kerajaan yang terletak di daerah Kematu karena kecewa karena tidak ditunjuk sebagai raja. Pangeran Agong kemudian pergi ke wilayah Lawang Kuwari, yang saat ini menjadi objek wisata sejarah.

Di Lawang Kuwari, Pangeran Agong menjalani pertapaan dan persembunyian. Tempat ini memiliki keindahan alam yang memukau, terletak di tepi Sungai Kapuas, dan untuk mencapainya, pengunjung harus menyeberangi sungai dengan menggunakan speed boat. 

Selain sebagai tempat pertapaan, Lawang Kuwari juga memiliki nilai sejarah karena menjadi simbol dari masa lampau Kerajaan Sekadau.

Lawang Kuwari multirelevansi

Lawang Kuwari memiliki banyak relevansi untuk saat ini.

Lawang Kuwari adalah objek wisata sejarah yang penting di Kabupaten Sekadau. Tempat ini menawarkan pengunjung pengalaman unik dengan pemandangan alam yang indah dan nuansa sejarah yang kaya.

Lawang Kuwari memungkinkan Kabupaten Sekadau untuk mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya dan sejarahnya. Tempat ini menjadi semacam ikon yang mencerminkan sejarah dan budaya setempat.

Lawang Kuwari berpotensi untuk menjadi daya tarik pariwisata yang lebih besar di Kalimantan Barat. Pengembangan infrastruktur pariwisata yang aman dan nyaman bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sekadau, kota yang dilintasi 

Dengan meningkatnya minat wisatawan dan para pembelajar dari berbagai wliayah timur Kalimantan Barat, Sekadau dapat memanfaatkan potensi ekonomi dalam sektor pariwisata. Ini dapat menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Lawang Kuwari juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga dan merawat warisan budaya dan alam mereka.

Tak pelak lagi. Lawang Kuwari adalah ikon. Salah satu aset berharga Kabupaten Sekadau yang memiliki potensi besar dalam mendukung pariwisata, ekonomi, dan pelestarian budaya daerah.

(Masri Sareb Putra)



LihatTutupKomentar
Cancel